30 April 2009

PROFIL UKBM UPTD YANKES KECAMATAN PANGALENGAN

PENDAHULUAN

UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Manusia) adalah salah satu wujud nyata peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Kondisi ini ternyata mampu memacu munculnya berbagai bentuk UKBM lainya seperti Polindes, POD (pos obat desa), Pos UKK (pos upaya kesehatan kerja),TOGA (taman obat keluarga), dana sehat, dll.


DATA - DATA

  • Data dasar dan Penyebaran UKBM
  • Data lokasi UKBM di Kec. Pangalengan
  • Data Tingkat keterjangkauan UKBM diKec. Pangalengan
  • Data lokasi UKBM di Kec. Pangalengan
  • Data Tingkat Perkembangan UKBM
  • Permasalahan/kendala UKBM di Kec. Pangalengan
DATA UMUM
  • LETAK GEOGRAFIF
  • LETAK ADMINISTRATI
  • LUAS WILAYAH KERJA : 17.550.025 ha
DATA PENDUDUK

Jumlah
penduduk kecamatan Pangalengan pada tahun 2007 : 125.689 jiwa

DATA DASAR DAN PENYEBARAN UKBM

Kecamatan Pangalengan terdiri dari 13 Desa
Tingkat keterjangkauan :

1. Puskesmas UPTD (DTP) : 1
2. Puskesmas UPF : 2
3. Puskesmas Pembantu (PUSTU) : 7
4. Polindes : 8
5.Posyandu : 213
6.Pos obat desa (POD)
7.Dana sehat
8.Taman obat keluarga (TOGA)
9.
Pos upaya kesehatan kerja pos (UKK)

Tingkat Perkembangan :
Meliputi
4 tingkat (STRATA), yaitu : Pratama , Madya , Purnama, dan Mandiri atas dasar penilaian 8 indikator.

Bina Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat

CONTOH : 1. POSYANDU

Posyandu merupakan jenis UKBM yang paling memasyarakat dewasa ini, tampak bahwa posyandu mempunyai kontribusi yang besar pada peningkatan cakupan program diantaranya KB, KIA, GIZI, Imunisasi, Diare dll. Untuk meningkatkan kualitas posyandu yang ada telah di kembangkan telaah kemandirian posyandu melalui rekapitulasi dan Revitalisasi POSYANDU

2. POLINDES

Polindes dioperasionalkan melalui kerjasama antara bidan desa dengan dukun bayi, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan geografis, informasi, ekonomi dan sosial budaya.


Sampai saat ini di kecamatan Pangalengan telah ditempatkan bidan desa dan dikembangkan polindes di hampir seluruh desa yang sudah berdiri sebagai sambutan peran serta masyarakat

Bina Upaya Kesehatan Tradisional.
1. Upaya kesehatan tradisional merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat yang potensial dalam menunjang pembangunan kesehatan.
2. Pengobatan tradisional diakui keberadaannya sejak jaman dahulu kala dan telah dimanfaatkan jauh sebelum pelayanan kesehatan formal dengan obat-obat modernnya dikenal masyarakat.
3. Pembinaan upaya pengobatan tradisional di Kec Pangalengan masih kurang

Bina Upaya Kesehatan Kerja
Upaya kesehatan kerja semakin penting pada era industrialisasi sekarang ini karena pertumbuhan industri yang pesat membuat tenaga kerja formal semakin banyak serta makin maraknya tenaga kerja informal.

Bina Upaya Kesehatan Dasar Swasta
Bina upaya kesehatan dasar swasta di Kecamatan Pangalengan atas dasar permenkes dan petunjuk pelaksanaanya berupa SK Dirjen Binkesmas.

Bina Peran Wanita dalam Pembangunan Kesehatan
Upaya penigkatan peranan wanita dalam pembangunan kesehatan dilakukan melalui berbagai cara diantaranya dengan memanfaatkan tanaman obat untuk mengatasi penyakit sederhana setempat dengan istilah TOGA.

Bina Peran Generasi Muda Dalam Pembangunan kesehatan
Program ini mencoba menggalang partisipasi generasi muda dalam pembangunan kesehatan dengan mengembangkan Kader Kesehatan Remaja.
Disamping itu berbagai bentuk apresiasi generasi muda di bidang kesehatan tetap terus dilakukan, seperti lomba poster remaja, teknologi tepat guna, konsultasi kesehatan remaja, Warta generasi Muda sehat dll.

Bina Kader Kesehatan
Kader merupakaan sosok insan yang menarik perhatian khalayak karena kesederhanaannya dan asalnya yang dari masyarakat setempat, telah membuat kader begitu dekat dengan masyarakat, pada giliranya membuat alih pengetahuan dan olah keterampilan dari kader kepada tetangganya demikian mudah, serta dengan petugas puskesmas telah membuat mereka menjadi penghubung yang handal antara petugas kesehatan dengan masyarakat.

Bina Dana Sehat/JPKM

Dana sehat di kecamatan Pangalengan sudah lama dikembangkan jauh sebelum program JPKM dicanangkan, walaupun dalam bentuk yang sederhana.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat atas blognya ya,
asik bisa berkomentar
mudah2 an pangalengan semakin maju seiring dengan keinginan kita semua untuk maju

UPTD YANKES PANGALENGAN mengatakan...

Terimakasih atas supportnya. Insya Allah dengan tekad dan kerja bersama seluruh aparat dan masyarakat yang dilandasi niat tulus dan ikhlas, semoga harapan kita semua pangalengan yang lebih maju dan terdepan di segala bidang dapat segera tercapai. BTW ini pasti dari pangalengan juga ??? salam kenal aja dgn kami tim UPTD Yankes Kec. Pangalengan(Puskesmas DTPPangalengan) saparakanca.