11 Mei 2009

KILAS PEMIKIRAN

Mohammad Hatta

Manusia sebagai pribadi akan berdosa kepada masyarakat kalau ia memikirkan kepentingannya sendiri. Adalah kewajiban bagi setiap orang berusaha menyempurnakan masyarakat dengan sepenuh tenaganya. Sebaliknya, masyarakat secara politis bergantung pada masing-masing pribadi. Masyarakat akan hancur apabila pribadi-pribadi di dalamnya tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan dirinya.


Andrea Hirata (Penulis Novel)

Kurasakan dalam aliran darahku saat nasib membuktikan sifatnya yang hakiki bahwa ia akan memihak para pemberani.


Muhammad Yunus (Pendiri Grameen Bank, Peraih Nobel Perdamaian 2006)

Bila anda berada di dunia nyata, tidak bisa tidak, anda akan melihat bahwa kaum miskin menjadi miskin bukan karena tidak terampil atau buta huruf, tapi karena mereka tidak bisa menyisihkan hasil yang didapat dari kerja mereka. Mereka tidak memiliki kontrol atas modal, dan kemampuan mengontrol modal lah yang memberi orang kekuatan untuk lepas dari kemiskinan.


Hasan Al-Banna (Ulama Mesir)

Mentalitas kita --hari-hari ini-- sungguh membutuhkan pengobatan serius dan penyembuhan total. Kita memerlukan pencairan bagi perasaan yang telah keras membeku. Kita butuh perbaikan bagi akhlak yang telah rusak binasa. Kita juga butuh penyadaran atas penyakit bakhil yang telah demikian akut.

Tidak ada komentar: